Tuesday, March 20, 2018

Akhirnya Presiden Myanmar Mengundurkan Diri


Pengumuman pengunduran diri presiden Myanmar, Htin Kyaw diumumkan melakukan akun facebook resmi pemerintah pada 21 maret 2018.

Pengunduran diri Presiden Myanmar menurut media lokal, dikarenakan faktor kesehatan yang dialami Htin Kyaw semakin memburuk.

Untuk sementara jabatan Presiden Myanmar diambil oleh Wakil Presiden, U Mynt Swe. Suu Kyi dianggap yang akan menggantikan posisi Presiden, namun terkendala dengan UU yang melarang seorang yang memiliki pasangan warga negara asing memimpin negeri Myanmar. Suu Kyi memiliki suami warga negara Inggris dan kedua anak bermukim di Inggris sekarang ini.

Pada masa pemerintahan Htin Kyaw di Myanmar, Lembaga Feedom house pernah mengkritik kekejaman pembantaian muslim rohingya yang dilakukan aparat militer. Kurang lebih 600.000 orang terusir dari Myanmar dan ribuan orang lainnya terbunuh. Jalur kekerasan yang ditempuh aparat militer myanmar memunculkan gerakan militan islam yang akan melakukan perjuangan kekerasan baru di Bangladesh dan Myanmar.

(Berita Terkait : KRISIS DEMOKRASI BERBAGAI WILAYAH DUNIA )


No comments:

Post a Comment

Kebijakan dan Dampak Virus Corona di Indonesia

Ilustrasi Kekuatan ekonomi China sangat luar biasa di dunia saat ini. Kebangkitan ekonomi China bahkan mengalahkan Amerika Serikat. ...