Monday, January 27, 2020

Update Kendari : Corona Virus


CoronaVirus atau Virus Wuhan atau 2019-NCoV merupakan virus yang menjangkiti tubuh manusia dan sangat berbahaya karena menyebabkan meninggal dunia sangat cepat.

Awal mula coronavirus berasal dari Kota Wuhan, China. Adapun sumber virus dicurigai berasal dari pasar makanan yang menjajakan hasil laut dan hewan hidup seperti tikus, ular, kelelawar dll. Sebagaimana kebiasaan orang China yang percaya bahwa makan hewan hidup seperti ular, tikus dan kelelawar mampu menciptakan umur yang panjang dan kekuatan dalam tubuh.

Pola penyebaran 
Coronavirus menyerang manusia dengan menyerang saluran pernafasan dan berujung kematian. Pola penyebaran virus dapat melalui antar manusia karena faktor kontak mata, keringat, dan sebagainya.

Tanda penyakit berupa demam diatas 38 derajat, sukar bernafas, batuk dan sakit kepala. Ironisnya sampai sekarang, belum ada pihak di dunia ini yang mampu untuk menemukan vaksinnya. Semuanya masih menggunakan asumsi danatau menggunakan obat penyakit lain seperti obat sars, HIV dll, untuk mengisolasi virus dalam tubuh manusia.

Awal mula kejadian di Wuhan
Menurut Komisi Kesehatan Wuhan, Kemunculan Coronavirus bermula dari pasien yang datang berobat 12 desember 2019, seorang pasien mengalami penyakit pneumania. Pasien pun makin bertambah dari hari ke hari.

31 desember 2019, pasien menjadi 27 orang. Pihak otoritas rumah sakit mulai curiga dengan kondisi yang ada. Tidak sampai seminggu, pasien makin besar berjumlah 59 orang dengan 7 orang yang sakit parah.

Update 21 Januari 2020
Isu coronavirus atau biasa yang dinamakan 2019-NCoV yang terjadi di Wuhan  China pada tanggal 20 Januari. Mulai menarik perhatian netizen Indonesia pada tanggal 21 Januari. Berikut data korban di China :


  • Meninggal dunia 6 orang
  • Terinfeksi virus sebanyak 300 orang
  • Penyebaran mulai masuki negara di asia seperti Taiwan, Hongkong, Thailand, Korea Selatan dan Japan.
Update 22 Januari 2020
Pemerintah Indonesia melalui Menteri Kesehatan dan Menteri Perhubungan mengantisipasi dengan cara menyiapkan alat pendeteksi orang asing yang akan masuk Indonesia. Sebanyak 135 pintu masuk Indonesia melalui jalur darat, udara dan laut mulai siaga.

Data korban di China makin meningkat begitupun penyebarannya :
  • Meninggal dunia 17 orang 
  • Terinfeksi meningkat dua kali lipat menjadi 600 orang.
  • Penyebaran ke negara lain meningkat, mulai masuk ke negara Amerika Serikat.





No comments:

Post a Comment

Kebijakan dan Dampak Virus Corona di Indonesia

Ilustrasi Kekuatan ekonomi China sangat luar biasa di dunia saat ini. Kebangkitan ekonomi China bahkan mengalahkan Amerika Serikat. ...