Thursday, January 25, 2018

EKONOMI INDONESIA URUTAN 36 VERSI WEF






Hasil penilaian World Economic Forum (WEF) tentang perkembangan ekonomi dunia. Penilaian dengan skor 1-7, 1 dianggap terburuk dan skor 7 dianggap terbaik. Hasil penilaian berdasarkan presentase ekonomi tahun 2012 sampai 2016. 

Adapun yang dinilai adalah PDB perkapita, produktivitas dan harapan hidup sehat para buruh, pendapatan rumah tangga dan tingkat suku bunga, penghasilan dan kekayaan, serta utang publik dan lain-lain..

Dari hasil penilaian, Norwegia dianggap yang terbaik, dengan kinerja ekonomi yang sangat kuat dan konsisten, kemudian disusul negara Unieropa dan Australia dalam konteks 10 besar ekonomi negara terbaik. Sedangkan Amerika Serikat berada pada urutan 23, Spanyol 26, dan Italia urutan 27. 

Indonesia berada pada posisi 36 dalam kategori emerging economic atau negara ekonomi rendah menuju ke level menengah pendapatan per kapita, total negara yang masuk kategori ini sebanyak 77 negara. Jika dihitung dari 103 negara yang dinilai, dan diluar ekonomi terbaik sebanyak 30 negara maka Indonesia urutan ke 63. Indonesia masuk kategori perkembangan Ekonomi yang sangat lambat atau slow advancing. Penilaian versi The Inclusive Development Index (IDI)  sebesar 3.95, dengan rata-rata pertumbuhan dari 2012 sampai 2016 sebesar 2,57%.

Negara Asia Tenggara yang berada dibawah Indonesia adalah Filipina (38) dan negara Asia Selatan seperti Srilangka (40), Pakistan (47), India (62), dan Kamboja Urutan terakhir karena tidak mempunyai data.

Negara Asia yang memiliki ekonomi terbaik adalah Singapura (30), Jepang (24), dan Korea Selatan (16).

Sumber Berita

No comments:

Post a Comment

Kebijakan dan Dampak Virus Corona di Indonesia

Ilustrasi Kekuatan ekonomi China sangat luar biasa di dunia saat ini. Kebangkitan ekonomi China bahkan mengalahkan Amerika Serikat. ...