Sunday, January 14, 2018

Membaca Visi Misi Calon Gubernur Sultra Untuk Kasus Penembakan Nelayan Konawe Selatan

Foto Calon Gubernur Sulawesi Tenggara. Sumber foto ; Google

Konflik lahan tambang antara warga dengan pemodal sangat banyak di Sulawesi Tenggara. Belum lagi perusakan lingkungan yang menimbulkan bencana dimana-mana. Salah satunya yang terjadi di Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan kemarin (14/01). Seorang nelayan bernama Sarman (35) tertembak peluru tepat dibagian paha bagian, dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit Bahteramas.

Konflik warga Desa Tue-tue, Kecamatan Laonti dengan PT Gerbang Multi Sejahtera (GMS) sudah terjadi sekian lama. Namun, perhatian netizen Sulawesi Tenggara baru terjadi pasca penembakan nelayan. Momentum pergantian pemimpin tertinggi di Sulawesi Tenggara yang akan digelar bulan juni kedepan, dan telah melahirkan kandidat calon gubernur yang telah mendaftar di Kantor KPU Sulawesi Tenggara. Tiga calon gubernur yang lolos dan akan bertarung, karena itu kami mencoba membuka Visi Misi Calon Gubernur Sulawesi Tenggara terhadap kasus penembakan nelayan akibat konflik pertambangan. 

Dalam kasus penembakan Sarman, kami akan melihat detail komitmen para calon gubernur terhadap perlindungan warga, komitmen untuk pengembangan nelayan, komitmen untuk pemulihan lingkungan dan komitmen untuk usaha pertambangan selama 5 tahun kedepan. 

Komitmen Perlindungan Warga
Pasangan Ali Mazi - Lukman Abunawas atau biasa disingkat AMAN dalam visi misinya memaparkan Aman Pribadi yang artinya bahwa setiap Warga Sulawesi Tenggara harus aman dari kekerasan fisik, kejahatan dan kekerasan lainnya. 

Pasangan Rusda Mahmud - LM Sjafei Kahar dengan tagline Sultra Cepat Pada Orang Tepat memaparkan dalam visi misinya yakni Hak untuk dilindungi. Dalam poin ditegaskan rasa aman dan perlindungan terhadap hak asasi manusia seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara. Pemerintah akan menjamin kepastian dan perlakukan hukum yang sama terhadap aset yang dimiliki masyarakat. 

Untuk perlindungan warga dalam Visi Misi Asrun - Hugua atau biasa disingkat SURGA tidak menjelaskan spesifik perlindungan warga dari ancaman bencana sosial seperti yang terjadi di Laonti, Kabupaten Konawe Selatan kemarin.

Komitmen Pengembangan Nelayan
Pasangan AMAN memaparkan sumber daya yang besar dalam potensi sumber daya perikanan laut. Bebagai macam spesies ikan yang ditangkap nelayan berupa cakalang, teri, layang, kembung, udang dan ikan lainnya. Disamping ikan, terdapat hasil hasil laut berupa teripang, agar-agar, kerang mutiara, kerang lola, mutiara dan sebagainya. Produksi perikanan di Sulawesi Tenggara mencapai 918.245 ton pada tahun 2013.

Menurut pasangan AMAN, Implementasi wawasan kemaritiman belum terwujud dengan baik dengan idikasi ifrastruktur perikanan dan kelautan masih terbatas. Kemiskinan berkepanjangan terutama bagi para nelayan dan kesenjangan gender di pesisir dan pulau-pula kecil, kerusakan lingkungan yang cukup paran dan sulitnya akses modal bagi para nelayan. 

Dengan Visi "Aman pangan" atau aman dari kelaparan. Pasangan AMAN akan menciptakan program kesejahteraaan untuk nelayan dengan mempermudah akses permodalan bagi para nelayan. Intinya sektor perikaan dianggap sebagai sektor unggulan pasangan Ali Mazi - Lukman Abunawas kedepan.

Pasangan SURGA memiliki berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan bagi nelayan yakni pertama, menjadikan Sulawesi Tenggara sebagai sentra kawasan industri dan ekspor perikanan di Indonesia. Kedua, bantuan kapal tangkap bertonase minimal 60GT. Ketiga, Meningkatkan sumber daya manusia nelayan dalam hal penguasaaan teknologi, informasi dan komunikasi. Keempat, pembangunan wilayah pesisi dan pulau-pulau kecil secara terpadu, terutama terintegrasi dengan pariwisata kelautan, termasuk pemukiman nelayan dan pemanfaatan energi terbarukan. Kelima, Menjadikan Sultra sebagai pusat budidaya abalon di Indonesia. Keenam, Membangun pabrik pengolahan rumput laut di sentra penghasil. Ketujuh, Pengembangan pusat kuliner khusus seafood.

Sedangkan pasangan Rusda - Sjafei mempunyai visi Hak Untuk Sejahtera. Dalam poin ini, akan menciptakan program penguatan ekonomi lokal dan memberi kesempatan berusaha yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Selain itu, akan melibatkan berbagai pihak untuk menciptakan inovasi teknologi dalam hal pengolahan hasil laut rumput laut, agar bisa diproduksi secara massal guna meningkatkan nilai tambah produk dan memperluas lapangan kerja.

Komitmen Untuk Pemulihan Lingkungan
Daya dukung lingkungan Sulawesi Tenggara cukup, beberapa tahun terakhir sering terjadi bencana banjir dan longsor yang mengorbankan warga. Penyebabnya karena pertambangan dan pembukaan lahan perkebunaan yang tidak disertai dengan pemulihan lingkungan.

Pasangan AMAN mempunyai visi "Aman Lingkungan" yang artinya AMAN dari degradasi lingkungan, penipisan sumber daya alam, bencana alam dan polusi. Karena itu, AMAN akan mengelola sumber daya pembangunan secara berkeadilan dan berkelanjutan dengan meningkatkan kualitas produk rencana tata ruang, Indikasi keberhasilan dari program ini ditandai dengan menurunnya jumlah konflik penataan ruang.

Selain itu, pasangan AMAN berkomitmen mewujudkan pemberdayaan masyarakat untuk pelestarian lingkungan, dengan menindaklanjuti laporan pencemaran lingkungan danatau perusakan lingkungan hidup

Untuk pasangan SURGA yang rencana membangunan smelter mini di setiap Kecamatan lokasi tambang, diikuti dengan konsep keseimbangan ekosistem yang dapat menjamin pembangunan berkelanjutan.

Sedangkan Pasangan Rusda -Sjafei akan mewujudkan pemulihan lingkungan melalui Lembaga Ekonomi Masyarakat Sejahtera (LEM - SEJAHTERA) yang didalamnya multifungsi. Salah satu bentuk kegiatan adalah meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjaga ekologi atau kualitas lingkungan di tiap desa.

Komitmen Sektor Pertambangan
Pasangan AMAN melihat kontribusi pertambangan terhadap perekonomian Sulawesi Tenggara sebanyak 19,91% pada tahun 2011 menjadi 19,35% pada tahun 2016. AMAN menganggap sektor pertambangan relatif konstan atau tidak berubah. Sedangkan investasi asing dianggap mengalami pertumbuhan khususnya untuk proyek pembangunan smelter. Penjelasan rinci langkah untuk program pertambangan tidak dijelaskan, tetapi pasangan AMAN menganggap pertambangan sebagai sektor unggulan kedepan.

Pasangan Rusda - Sjafei mirip dengan pasangan AMAN melihat sektor pertambangan penyumbang ekonomi keempat di Sulawesi Tenggara, setelah sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Karena itu, Pasangan Rusda akan mendobrak sumber daya alam untuk meningkatkan ekonomi Sulawesi Tenggara kedepan.

Komitmen pasangan SURGA terhadap pertambangan Sulawesi Tenggara terlihat dari misi point ketujuh yang menyebutkan, akan meningkatkan nilai tambah produk pertanian dalam ari luas dan sumber daya alam SDA. Program unggulan yakni dengan melakukan pembangunan mini smelter di setiap kecamatan yang memiliki tambang.

Kita tidak perlu menyimpulkan sosok calon gubernur yang mampu menolong warga jika terjadi konflik seperti yang terjadi Laonti, Konawe Selatan. Tetapi sangat penting diperhatikan Pertama, Sektor utama seperti pertanian, kehutanan dan perikanan harus lebih diutamakan daripada pertambangan, yang hanya akan merampas hak-hak dasar warga. Kedua, Pertambangan yang hadir di Sulawesi Tenggara harus mensejahterakan warga sekitar, bukan semata-mata target meningkatkan APBD. Ketiga, Penataan ulang tata ruang wilayah pertambangan dan wilayah kelola rakyat yang melibatkan berbagai pihak terutama masyarakat sekitar tambang. Keempat, Melindungi warga dari tindakan kekerasan dan ketidakadilan pemodal.

SILAHKAN ANDA MENILAI... ANDALAH YANG MENENTUKAN NASIB SULAWESI TENGGARA 5 TAHUN KEDEPAN



Sumber 
Visi Misi Asrun - Hugua https://drive.google.com/file/d/1xY6YyrrkI-ig-NDOP0Ykef7E41pY4aVX/view?usp=drive_web

Visi Misi Ali Mazi - Lukman Abunawas https://drive.google.com/file/d/1TV02WtnpK5MLAl906a7h8_Fa-T2YhP72/view?usp=drive_web

Visi Misi Rusda - LM Sjafei https://drive.google.com/file/d/1n82H6C6StUcGrnWwig5oVgfkVS1R3eMA/view?usp=drive_web 

http://regional.kompas.com/read/2018/01/14/18400321/halau-kapal-tambang-seorang-nelayan-di-konawe-selatan-tertembak

https://sekilaskendari.blogspot.co.id/2017/05/data-pertambangan-sulawesi-tenggara.html

No comments:

Post a Comment

Kebijakan dan Dampak Virus Corona di Indonesia

Ilustrasi Kekuatan ekonomi China sangat luar biasa di dunia saat ini. Kebangkitan ekonomi China bahkan mengalahkan Amerika Serikat. ...