Wednesday, April 17, 2019

Profil Hugua



Hugua muda adalah seorang aktivis yang biasa berteriak dan memperjuangkan hak - hak rakyat kecil. 

Pria 57 tahun itu, mendirikan LSM Sintesa pada tahun 1991, dengan menciptakan program program yang pro rakyat. Melalui LSM yang didirikan biasa melakukan lobi-lobi dengan negara pendonor untuk membantu rakyat di Sulawesi Tenggara. Sasaran program pemberdayaan biasanya pada petani, nelayan dan rakyat miskin di perkotaan.

Pada tahun 2006, Pria asal Wakatobi itu, mencoba peruntungan dengan maju bertarung dalam pemilihan Bupati di kampung tempat kelahirannya. Ia terpilih dan menjabat selama 2 periode. Jadi menjabat bupati antara tahun 2006 sampai tahun 2017. Prestasi yang mencolok pada saat menjadi Bupati Wakatobi adalah menjadikan Wakatobi sebagai destinasi wisata laut top dunia dan berhasil menggaet wisata asing masuk ke Wakatobi sampai hari ini.

Pada tahun 2018 kembali mencoba peruntungan dengan maju sebagai Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara berpasangan dengan Ir Asrun, mantan Walikota Kendari 2 periode. Kekuatan keduanya cukup baik untuk memenangkan pertarungan Pemilihan Gubernur Sultra. Namun semuanya berubah ketika Ir Asrun terkena OTT suap Pilkada oleh KPK. Massa pendukungnya kocar kacir dan mengakibatkan kalah dalam PILGUB. Pasangan Ali Mazi - Lukman Abunawas yang terpilih memimpin Sulawesi Tenggara 5 tahun kedepan.

Pada pemilu 2019, Bapak 3 anak itu menjabat sebagai Ketua PDIP Sulawesi Tenggara dan ditunjuk sebagai Sekertaris TKD Jokowi - Amin. Ia juga kembali mengadu nasib menuju senayan. Ia bersaing dengan rekan separtainya HJ. Nirna, Fajar Lasse dan Erwin Usman. Hasil hitungan cepat Haluoleo Institute menyatakan, Hugua sebagai salah satu Caleg yang lolos ke DPR RI. Selamat Selamat

No comments:

Post a Comment

Kebijakan dan Dampak Virus Corona di Indonesia

Ilustrasi Kekuatan ekonomi China sangat luar biasa di dunia saat ini. Kebangkitan ekonomi China bahkan mengalahkan Amerika Serikat. ...