Wednesday, April 17, 2019

Profil Rusda Mahmud



Rusda Mahmud adalah sejarah Kabupaten Kolaka Utara sebagai bupati definitif pertama Kabupaten Kolaka Utara periode 2007-2012 dan kemudian, setelah diadakan pemilihan bupati yang kedua Rusda Mahmud kembali mendapaat kepercayaan masyarakat untuk memimpin Kolaka Utara untuk lima tahun lagi periode 2012-2017,  sejak wilayah ini dimekarkan menjadi sebuah kabupaten baru.

Rusda Mahmud adalah seorang putra kelahiran Lasusua tanggal 21 November 1962 yang terpilih menjadi Bupati melalui pemilihan secara langsung.

Rusda Mahmud menjalani masa-masa kecilnya ditanah kelahiranya sekaligus menyelesaikan jenjang pendidikan di SDN 1 Lasusua pada tahun 1968-1974; SMPN 1 Lasusua tahun 1974-1977. Setamat SMP beliau melanjutkan pendidikan di STM Kolaka di STM Negeri Raha Pilial Kolaka 1977-1981.

Setamat STM 1981, Rusda Mahmud menuju kota pendidikan yogyakarta melanjutkan studi di perguruan tinggi Universitas Islam Indonesia (UII) jurusan teknologi tekstil, meski tak sempat meyelesaikan jenjang pendidikan di UII beliau tetap berusaha keras membangun karir dan bekerja keras hingga ke Timor Timur.

Tahun 1986, beliau memilih kembali ke kampung halaman di Lasusua dan mencoba berbagai macam usaha mandiri. Proses waktu yang tidak sebentar akhirnya usaha tumbuh dan berkembang.

Kesuksesan dalam membangun usaha, memberi pilihan pada diri beliau untuk memasuki dunia politik praktis. Pada tahun 2002 beliau bergabung di Partai Nasional Banteng Kemerdekaan(PNBK) sekaligus mendapat kepercayaan memimpin DPC PNBK Kolaka dan setelah pemekaran menjadi DPC PNBKI Kolaka Utara Dari hasil kerja keras, akhirnya membuahkan hasil sekaligus pemenang pemilu 2009. Setelah 2011 Rusda Mahmud menjadi pengurus DPW Partai Demokrat Sulawesi Tenggara. 

Pada tahun 2018 sempat maju sebagai Calon Gubernur Sulawesi Tenggara didampingi oleh Safei Kahar, mantan Bupati 2 periode di Kepulauan Buton. Namun hasilnya kalah, pasangan Ali Mazi - Lukman Abunawas yang terpilih.

Pada Pemilu 2019, Ia kembali maju bertarung menuju DPR RI melawan incumbent separtainya Umar Arsal dan sekampungnya Bobi Alimuddin, Mantan Wakilnya sewaktu menjabat Bupati Kolaka Utara yang maju lewat Partai NasDem dan Haerul Saleh incumbent DPR RI dari Partai Gerindra. Alhamdulillah mengalahkan 2 rival di kampungnya dan 1 rival di internal partai Demokrat. Bapak Rusda Mahmud kini terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019 - 2024. Selamat selamat.

No comments:

Post a Comment

Kebijakan dan Dampak Virus Corona di Indonesia

Ilustrasi Kekuatan ekonomi China sangat luar biasa di dunia saat ini. Kebangkitan ekonomi China bahkan mengalahkan Amerika Serikat. ...