Thursday, January 25, 2018

KETAHANAN PANGAN INDONESIA TERBURUK




Ketahanan Pangan Indonesia terburuk jika dilihat dari sisi sumber daya dan ketahanan. Menurut penilaian Global Food Security Index 2017, Indonesia berada pada urutan ke 109 dari 113 Negara dengan skor 46,5. Pemberian skor dari 100 -0. Skor 100 dianggap terbaik.

Negara yang memiliki ketahanan pangan terbaik dilihat dari ketahanan sumber daya alam adalah Austria dari urutan 11 menjadi urutan ke 3. dan Negara Denmark memiliki kategori ketahanan pangan terbaik disebabkan kurangnya dampak perubahan iklim dan disertai kapasitas adaptasi yang tinggi dan erosi tanah yang sangat rendah.

Negara berpenghasilan menengah kebawah sangat terancam dan berpontesi memaksa untuk kembali berpendapatan rendah. Penyebabnya tidak lain, kenaikan permukaan laut dan suhu, penipisan air tawar dan terjadi kontiminasi, penggundulan hutan, dan manajemen resiko bencana yang buruk. Hal ini semakin diperburuk dengan kapasitas adaptasi rendah, terutama dalam pengelolaan risiko bencana pada pertanian.

Bukan hanya negara berpenghasilan rendah yang terancam krisis pangan, tetapi negara berpenghasilan tinggi pun terancam krisis pangan. Contoh Kanada dan Amerika sangat rentan kekeringan yang berhubungan dengan pertanian. Jadi untuk mengatasi krisis pangan, fokus kedepan adalah menciptakan teknologi penggunaan air untuk mengurangi resiko ini.

Sumber 

No comments:

Post a Comment

Kebijakan dan Dampak Virus Corona di Indonesia

Ilustrasi Kekuatan ekonomi China sangat luar biasa di dunia saat ini. Kebangkitan ekonomi China bahkan mengalahkan Amerika Serikat. ...